BAB V
LAPORAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
di susun oleh :
1)
Hery
Wahyu Widodo (09141095)
2)
Hirhowatul
Munaffiyanti (09141098)
3)
Inge
Febriliana (09141107)
4)
Lailatul
Mahmudah (09141121)
5)
Lailatul
Wahida Ulfa (09141122)
6)
Siti
Hani’ah (09141201)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2013
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Laporan
penelitian merupakan satu dokumen penting yang mendokumentasikan segala
komponen penelitian, mulai dari latar belakang munculnya masalah, rumusan
masalah, tujuan penelitian, hipotesis, manfaat penelitian, metodologi
penelitian, analisis data, temuan dan diskusi, serta kesimpulan dan
rekomendasi.
Laporan
penelitian di buat untuk memenuhi persyaratan serta untuk didesesiminasikan
atau disebarkan, baik melalui jurnal maupun berbagai pertemuan.
Sistematika Laporan
Penelitian Tindakan Kelas
Bagian
depan :
Halaman judul
Halaman publikasi
Halaman pengesahan
Abstraksi
Kata pengantar
Daftar isi
Daftar tabel (jika ada)
Daftar gambar (jika
ada)
Daftar lampiran (jika
ada)
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Berisi alasan mengapa
tertarik untuk meneliti masalah tersebut serta penyebab terjadinya masalah.
B.
Identifikasi
Masalah
Mengemukakan masalah
yang lebih spesifik yang terkait dengan yang akan diteliti, hubungannya satu
sama lain, dan uraikan masing-masing masalah tersebut.
C.
Pembatasan
Masalah
Jika masalah yang
diidentifikasi terlalu banyak, lakukan pembatasan masalah sesuai kemampuan,
waktu, serta situasi dan kondisi yang ada.
D.
Rumusan
Masalah
Rumuskan masalah dengan
kalimat tanya yang spresifik, jelas dan operasional.
E.
Tujuan
Penelitian
Kemukakan tujuan penelitian yang ingin
dicapai.
F.
Manfaat
Hasil Penelitian
Sebutkan manfaat hasil
penelitian (bagi guru, siswa, sekolah dll yang relevan dengan hasil
penelitian).
BAB II KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A. Kajian Teori
Kemukakan
teori yang menjadi dasar tindakan yang diteliti.
B. Kajian Hasil
Penelitian Terdahulu
Kemukakan
hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan penelitian lain tentang
masalah.
C. Kerangka
Berpikir
Kemukakan
kerangka berpikir yang menjelaskan hubungan logis antara teori dan tindakan
yang dilakukan.
D. Hipotesis
Tindakan
Berisi
tentang dugaan sementara tentang cara yang dianggap terbaik dalam mengatasi
masalah.
BAB III METODE PENELITIAN
A. Objek
Penelitian
Kemukakan
fokus tindakan yang akan dilakukan, jumlah siklus, serta tindakan tiap siklus.
B. Setting,
Lokasi, dan Subjek Penelitian
Menyebutkan
nama sekolah, alamat, kondisi lingkungan fisik dan sosial, kelas,jumlah siswa,
kondisi dan karakteristik siswanya, serta alasan pemilihan kelas tersebut.
C. Metode
Pengumpulan Data
Menyebutkan
instrumen yang digunakan, bentuk, kisi-kisi dan prosedur yang ditempuh dalam
mengumpulkan data.
D. Metode
Analisis Data
Menyebutkan
metode apa yang digunakan, langkah-langkah serta pedoman refleksi yang
digunakan untk pengambilan kesimpulan.
BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Gambaran
Selintas Setting Penelitian
Menjelaskan
secara umum mengenai apa yang terjadi di kelas pada saat tahapan-tahapan
tindakan dilakukan.
B. Uraian
Secara Keseluruhan
Rangkumkan
secara keseluruhan apa yang terjadi pada setiap siklus sesuai hasil refleksi
masing-masing siklus.
C. Penjelasan
Per Siklus
Menjelaskan
secara rinci langkah demi langkah untuk setiap siklus.
D. Pembahasan
dan Pengambilan Simpulan
Mendalami
apa yang telah diperoleh untuk keseluruhan siklus tindakan.
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Kemukakan
poin-poin simpulan sesuai hasil pembahasan.
B. Saran untuk
Tindakan Lebih Lanjut
Kemukakan saran-saran untuk pihak-pihak
tertentu.
Daftar
Pustaka
Lampiran-lampiran (instrumen
penelitian, hasil tabulasi data mentah setiap siklus, tabel kerja analisis data,
surat penelitian dll.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar