PENERAPAN MEDIA ROLLER SMART UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP KELILING DAN LUAS BANGUN
DATAR PADA SISWA
KELAS IV SDN BALEREJO 02
Disusun Oleh :
Fery Chrisdian putra (0914108)
Hery Wahyu Widodo (09141095)
Hirhowatul Munaffiyanti (09141098)
Lailatul Wahida Ulfa (09141122)
Siti Hani’ah (09141201)
INSTITUT KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU
REPUBLIK INDONESIA
MADIUN
1. Rincian Indikator Dari Masalah Yang Akan
Dipecahkan
a. Menemukan keliling dan luas bangun datar.
b. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan keliling
dan luas bangun datar.
c. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan keliling
dan luas bangun datar.
2. Tindakan yang akan digunakan untuk mengatasi
masalah
Dengan menerapkan
media pembelajaran Roller Smart.
3. Subjek atau siswa yang dikenai tindakan
Siswa kelas 4 SDN
Balerejo 02
4. Rumusan masalah
a. Bagaimana penerapan media pembelajaran Roller Smart untuk meningkatkan
kemampuan memahami konsep keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas 4 SDN
Balerejo 02?
b. Apakah penerapan media pembelajaran Roller Smart dapat meningkatkan
kemampuan memahami konsep keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas 4 SDN
Balerejo 02?
5. Tujuan penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:
a. Mendeskripsikan penerapan media pembelajaran Roller Smart untuk meningkatkan
kemampuan memahami konsep keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas 4 SDN
Balerejo 02.
b. Mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas
4 SDN Balerejo 02 memahami konsep keliling dan luas bangun datar melalui media
pembelajaran Roller Smart.
6. Hipotesis penelitian
a. Pembelajaran dengan media Roller Smart dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 4 SDN
Balerejo 02 dalam memahami konsep keliling bangun datar.
b. Pembelajaran dengan media Roller Smart dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 4 SDN Balerejo 02 dalam memahami konsep luas bangun datar.
7. Latar belakang
a. Judul PTK
Penerapan
Media Roller Smart Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SDN Balerejo
02.
b. Mengapa kemampuan tersebut perlu ditingkatkan?
Karena
materi ini berisi banyak rumus-rumus dengan simbol yang hampir sama, sehingga
membuat siswa sering keliru menyebutkan rumus. Selain itu kemampuan siswa dalam
memahami materi ini sangat rendah.
c. Apa faktor penyebab rendahnya kemampuan tersebut?
Siswa
hanya menggunakan metode menghafal rumus keliling dan luas bangun datar,
sehingga setelah materi selesai kebanyakan siswa sudah lupa.
d. Mengapa tindakan tersebut yang dipilih?
-
Karena dengan
menggunakan media pembelajaran Roller
Smart siswa akan lebih tertarik pada kegiatan pembelajaran.
-
Media pembelajaran
Roller Smart menuntut keaktifan siswa
secara individual
8. Kajian pustaka
-
Media
pembelajaran Roller Smart adalah media
pembelajaran yang berbentuk dua lingkaran (lingkaran kecil dan lingkaran
besar), dimana lingkaran yang kecil terletak di atas dan dapat diputar.
Linhkaran besar berisi gambar bangun datar dan rumus luas dan keliling bangun
datar. Lingkaran kecil berisi arah bangun.
-
Pembelajaran
Menurut
Suyitno (2004:1), pembelajaran adalah upaya untuk menciptakan iklim dan
pelayanan terhadap kemampuan, potensi, minat, bakat dan kebutuhan peserta didik
yang beragam agar terjadi interaksi optimal antara guru dengan siswa serta
antara siswa dengan siswa.
-
Kemampuan memahami
konsep
Mampu
berarti kuasa (bisa, sanggup) melakukan sesuatu sedangkan kemampuan berarti
kesanggupan ; kecakapan ; kekuatan (KBBI, 1990:553).
Paham
berarti mengerti benar (akan), tahu benar (akan) ; pemahaman berarti proses,
perbuatan, cara memahami atau memahamkan (KBBI, 1990:636).
Konsep
adalah ide abstrak yang memungkinkan kita dapat mengelompokkan objek ke dalam
contoh dan non contoh (Suherman, 2003:33).
Kemampuan
pemahaman konsep dalam penelitian ini adalah kesanggupan atau kecakapan siswa
kelas IV SDN Balerejo 02 dalam menyelesaikan masalah yang memuat indikator
kemampuan pemahaman konsep.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar