Senin, 22 Oktober 2012

RANCANGAN PTK KEL 3


PENERAPAN MEDIA ROLLER SMART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR  PADA SISWA KELAS IV SDN BALEREJO 02










Disusun Oleh :

Fery Chrisdian putra            (0914108)
Hery Wahyu Widodo            (09141095)
Hirhowatul Munaffiyanti     (09141098)
Lailatul Wahida Ulfa            (09141122)
Siti Hani’ah                            (09141201)







INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
MADIUN
2012
1.      Rincian Indikator Dari Masalah Yang Akan Dipecahkan
a.       Menemukan keliling dan luas bangun datar.
b.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas bangun datar.
c.       Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan keliling dan luas bangun datar.
2.      Tindakan yang akan digunakan untuk mengatasi masalah
Dengan menerapkan media pembelajaran Roller Smart.
3.      Subjek atau siswa yang dikenai tindakan
Siswa kelas 4 SDN Balerejo 02
4.      Rumusan masalah
a.       Bagaimana penerapan media pembelajaran Roller Smart untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas 4 SDN Balerejo 02?
b.      Apakah penerapan media pembelajaran Roller Smart dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas 4 SDN Balerejo 02?
5.      Tujuan penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:
a.       Mendeskripsikan penerapan media pembelajaran Roller Smart untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas 4 SDN Balerejo 02.
b.      Mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas 4 SDN Balerejo 02 memahami konsep keliling dan luas bangun datar melalui media pembelajaran Roller Smart.
6.      Hipotesis penelitian
a.       Pembelajaran dengan media Roller Smart dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 4 SDN Balerejo 02 dalam memahami konsep keliling bangun datar.
b.    Pembelajaran dengan media Roller Smart dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 4 SDN Balerejo 02 dalam memahami konsep luas bangun datar.
7.      Latar belakang
a.       Judul PTK
Penerapan Media Roller Smart Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar  Pada Siswa Kelas IV SDN Balerejo 02.
b.      Mengapa kemampuan tersebut perlu ditingkatkan?
Karena materi ini berisi banyak rumus-rumus dengan simbol yang hampir sama, sehingga membuat siswa sering keliru menyebutkan rumus. Selain itu kemampuan siswa dalam memahami materi ini sangat rendah.
c.       Apa faktor penyebab rendahnya kemampuan tersebut?
Siswa hanya menggunakan metode menghafal rumus keliling dan luas bangun datar, sehingga setelah materi selesai kebanyakan siswa sudah lupa.
d.      Mengapa tindakan tersebut yang dipilih?
-          Karena dengan menggunakan media pembelajaran Roller Smart siswa akan lebih tertarik pada kegiatan pembelajaran.
-          Media pembelajaran Roller Smart menuntut keaktifan siswa secara individual
8.      Kajian pustaka
-          Media pembelajaran Roller Smart adalah media pembelajaran yang berbentuk dua lingkaran (lingkaran kecil dan lingkaran besar), dimana lingkaran yang kecil terletak di atas dan dapat diputar. Linhkaran besar berisi gambar bangun datar dan rumus luas dan keliling bangun datar. Lingkaran kecil berisi arah bangun.
-          Pembelajaran
Menurut Suyitno (2004:1), pembelajaran adalah upaya untuk menciptakan iklim dan pelayanan terhadap kemampuan, potensi, minat, bakat dan kebutuhan peserta didik yang beragam agar terjadi interaksi optimal antara guru dengan siswa serta antara siswa dengan siswa.
-          Kemampuan memahami konsep
Mampu berarti kuasa (bisa, sanggup) melakukan sesuatu sedangkan kemampuan berarti kesanggupan ; kecakapan ; kekuatan (KBBI, 1990:553).
Paham berarti mengerti benar (akan), tahu benar (akan) ; pemahaman berarti proses, perbuatan, cara memahami atau memahamkan (KBBI, 1990:636).
Konsep adalah ide abstrak yang memungkinkan kita dapat mengelompokkan objek ke dalam contoh dan non contoh (Suherman, 2003:33).
Kemampuan pemahaman konsep dalam penelitian ini adalah kesanggupan atau kecakapan siswa kelas IV SDN Balerejo 02 dalam menyelesaikan masalah yang memuat indikator kemampuan pemahaman konsep.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar